Blognya Gumi!

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Saturday, October 04, 2008

ECLIPSE --- sebuah resensi



Eclipse
Gerhana

Stephanie H. Meyer
Harga : Rp 70.000,- *
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 688 halaman
Terbit : September 2008
Soft Cover


Waaa... baru kali ini gw nginden novel, biasanya malah gak pernah. Bahkan untuk novel sekelas herpot aja, gw rela kok, masuk dalam daftar-antrian-peminjam-buku-rentalan. Hehehe.
Gw juga jadi binun dan terkagum-kagum sama diri sendiri (hayyah) mengapah jugah sampe bela-belain nginden. Oh pastinya novel ini sangat menarik sangat.
---sebelum gw ngerensi novelnya nih, ada baiknya kalo gw ngasih indro eh intro dulu.
Ceritanya, ada kuis di milis GPU, pertanyaannya adalah: Sebutkan bagian mana di twilight dan New Moon yang amat berkesan bagi kita.
Gw sebagai salah satu pemudi harapan bangsa Indonesia, gengsi juga dong kalo nggak ikutan... hehehe.
Gw jawab dan Alhamdulillah menang.
Hadiahnya adalah novel ECLIPSE!!!! yeyeyeye... jadinya gw punya dua eclipse. Heheh.. ngiri? hehehe. Gw sempet juga mikir, bagaimana kalo gw nego aja ama mbak hetih-gramed, kalo hadiahnya dituker sama Christian Sugiono aja hehehe.

------------sstt sabar dulu ya. Tante mo cerita lagi.
Pertanyaan besar adalah: Kenapa Twilight dan New Moon ini bikin gw kangen dan rindu ama novel-novel berikutnya? Yah jawabannya selaen gw sendiri dah punya Edward Cullen dalam kehidupan nyata... (hehehe banyak narsis), yaa karena gw suka banget sama karakter-karakter tokoh rekaan tante Steph.
Gw pernah ketemu tante steph, dan nanya:

" Tante... are characters you wrote about based on any real-life people? Did anyone in your life influence the personalities of the characters?"

Tante Steph menjawab:
"...ummm... angga.... Every now and then there will be a character that is combination of people i knew - some of the girls in Bella's High School definitely reflect people i knew at that stage in my life. But for the most part, they come out of nowhere. It's amazing, some of the characters are so completely rounded and as soon i think of them, i knew everything about them. And then there are others that i have to work for a little bit harder and sort of get down to their motivations. A few of them, rosalie for example - were difficult. It took me a while to figure out what her thing was. But angga,,,, Bella's character definitely is you... Angga, e-looo ... baaa...ngedd"

"Ohh... thankyou Tante steph... that is so sweet...." gw jadi terharu.
Tante Angga dan Tante Stephenie berpelukkan.
Heheheh. Blogger,
harus pinter bedain mana fakta mana dunia khayal yaa...

------------------------------------- yuk bang, lanjutt...

Seperti di Harry Potter, series ini mengisahkan setahun kehidupan sang Tokoh Utama, Isabella Swan.
Isabella alias bella disini, udah kelas XII dan itu artinya hampir lulus dan itu artinya mo kuliah. Dan itu artinya mbakbell dikit lagi jadi vampir.

Di Bab Pertama, kita bakalan ketemu Bella yang sedang menjalani hari-hari hukumannya, yaitu sejak si-pengkhianat (yang juga werewolf) -Jacob Black membocorkan rahasia: Bahwa Bella diam-diam selama ini telah mengendarai motor, pada Charlie. Jacob sengaja berbuat seperti itu agar Bella tidak leluasa bertemu dengan Edward (pacarnya yang vampire). Huhuhu... padahal yah... Edward kan selalu nempell.... kalo mo ketemu Edward Bella tinggal ngomong:
"Edward..."
dan langsung ada jawaban plus vampirnya yang jawab: "Ya.. aku disampingmu Bella..."
Dasar.

Charlie akhirnya memberikan 'kartu bebas penjara' pada Bella, tetapi dengan satu syarat:

"Gunakan kebebasan barumu untuk menemui teman-temanmu yang lain juga"

Charlie menilai Bella hanya berteman dengan Edward saja. Sebenernya kan, ente tau sendiri... kalo Charlie itu lebih senang Bella dengan Jacob, dibanding dengan Edward.
Charlie terus membujuk Bella, agar menghubungi Jacob.
Dan tentu saja edward gak rela:

"kau tahu kau tak boleh berada di sekitar werewolf tanpa perlindungan, Bella. Dan kami akan dianggap melanggar kesepakatan bila memasuki tanah mereka. Memangnya kau mau terjadi perang?"

Adeu deu deu.

Tanpa sengaja atau malah sengaja, Edward menemukan tiket pesawat ke Florida, hadiah ulang tahun Bella setahun yang lalu yang diberikan oleh Esmee. Edward meminta izin pada Charlie, agar Bella boleh mengunjungi Renee. Charlie memperbolehkan, asalkan Bella tidak pergi bersama Edward. Tapi,,, ya sama siapa lagi coba, Bella bakal pergi kalo gak sama Edward? lalu, semenjak kepulangan bella dari Florida, Jacob Black yang tadinya menghindar untuk bertemu Bella, malah berusaha mencari-cari Bella. Bella bingung dengan sikap 180 derajat itu. Ternyata, kepergian ke Florida itu merupakan salah satu strategi Edward untuk menjaga Bella karena seminggu sebelumnya Alice melihat kejadian masa depan: Victoria masih terus mencari Bella.Edward kekeuh menyembunyikan kejadian ini, namun Jacob malah ingin memberitahukannya. dan di akhir pekan, disaat Edward sedang berburu, Bella dengan spontan mengunjungi Jacob untuk mendengar cerita aslinya.

Edward yang gelisah sepanjang berburu akhirnya pulang dengan kesal... dan berusaha menyogok Alice dengan porsche, demi menjaga Bella selama dua hari! Weeww...

Selagi menginap di rumah The Cullen inilah... Rosalie yang dulunya judesss sekarang malah enggak. malahan Rosalie menceritakan awalikhwalnya memasuki dunia pervampiran ini,,, Rosalie dulu judes sama Bella, karena iri. Karena, semenjak dia jadi vampir, dia melihat Edward belum pernah naksir siapa-siapa... ehh kok di zaman sekarang, bisa naksir Bella. emangnya Bella punya apaaa gitu, lho. makanya mbak Ros ini ngiri ama Mbak Bella.

Esoknya, di hari ke-2, Jacob Black berhasil menculik bella di sekolah. Kegiatan spontan ini, tidak dapat diramalkan oleh ALice. Mana mungkin Alice bertindak menahan Bella didepan umum? Alice hanya membeku, matanya berilat-kilat marah dan menyeringai... Hahaha.. hilang deh Porsche-nya...

Ternyata Jacob Black melukai perasaan Bella (baca sendiri boss...) dan dia pulang lagi ke Edward untuk mengadu sekaligus minta maaf karena pergi gak bilang-bilang. Ternyata Edward malah gak marah. Dan malam itu dia menyanyikan lagu nina bobo, sehingga Bella menjadi lega dan tertidur nyenyak.

Setelah kejadian itu, malah Edward dan Jacob berkompromi untuk saling menjaga Bella mengingat Victoria dan army-nya masih mencari-cari Bella. Jacob mengundang Bella untuk datang ke La Push sementara Edward hiking lagi. Dan ternyata, di malam harinya, Billy Black menceritakan tentang legenda asal mula suku mereka. Cerita tentang pejuang roh dan tentang manusia serigala berikut musuh mereka, vampir. Gileee... legenda kuno ini diceritakan dengan baik oleh tante Steph.

Oh yahh, selaen Rosalie, Jesper juga menceritakan asal mulanya dia jadi vampir, buat perbandingan dan bekel Bella buat jadi vampir, heheh.

Lalu, cerita yang seru jugaa... itu pas saat Jacob Black berusaha nyium Bella. DENGAN PAKSAAN. Bella marah dan meninju Jacob. Hal itu malah membuat tangannya patah. Gw demen banget pas Edward bilang:

"Dan, kalau kau berani menciumnya lagi, aku akan mematahkan rahangmu untuknya," janji Edward, suaranya masih lembut dan halus, namun mematikan.


Tibanya saat pesta kelulusan. Dan bukan Alice namanya, kalo gak bikin pesta buat bella. Semua teman Bella diundang. Jacob Black pun datang, meskipun tidak diterima dengan baik (karena kejadian cium paksa itu). Tetapi diakhir pesta malah membuat vampi dan Werewolf bersatu untuk menangkap victoria dan vampir-vampir baru ciptaannya.

Disaat-saat tegang ini, Bella malah melakukan hal konyol. Gw kutip ini dari wikipedia:

A few days later Bella tries to get Edward to make love to her before turning her into a vampire. Edward initially refuses, explaining to Bella that he could very easy to kill her. Eventually upon realizing how much it means to Bella, he says that he is willing to try in the future as long as they are married first. Despite having an aversion to marriage, Bella realizes that spending eternity with Edward is more to important to her that anything else and aceepts his proposal.

lalu....
bagaimanakah pertarungan melawan victoria and the army terjadi...
Berhasilkah Bella menjadi vampir...
Siapakah yang Bella pilih, Edward atau Jacob, pada akhirnya...
jawabannya: temukan sendiri.
Heheheh.

-----------------------------------------penutup.
sejujurnya, gw lebih suka dengan twilight, dan new moon deh.
Sebenernya,,, eclipse ini kurang tegang, kurang digali, dan ... ahhh kurang ngegigit aja.
Emang, gak boleh yaa kita bandingin dengan HerPot..
tapi Herpot itu yah, di tiap serialnya, selalu kita temukan hal-hal baru dan perluasan karakter serta jalan ceritanya, sehingga antara Herpot satu sampe tujuh tuh ada kaitannya, nyambung.
Kata twilighters yang udah baca breaking dawn, malahan di breaking dawn ini, ceritanya malah jadi gak puguh.... uuhh jadi gak semangat.


sekian laporan saya dari tempat peristiwa.....
berikutnya: Maximum Ride!! heheheh.

13 comments:

Anonymous said...

waah..si Tante udah nyetor..aku dapet kirimannya ajah belom...hiks..secara karena mudik..

Met Idul Fitri yaa..Maap Lahir Batin..

freak dreamer said...

Minal Aidin wal Faidzin, neng bidan geulis

dah nongol aja ni resensi :D gw masih berkutat nabung seperak-seperak lagi buat barter koinan pake ni buku

Neng, ada rencana buat nge-review Brisingr gak? :D

Alex Ramses said...

hmmm vampire ya,, aku nunggu kalau udah difilmkan aja deh om,, heehhe. selamat lebaran kullu 'am we enti b'kheir.

joe said...

salam.....mampir rumah ku

Gumi Angga said...

mbak eviwidi....
yah sesuai banner-nya gramed aja:
siapaa sihh yang gak tahan sama gigitan edward cullen???

halow mas or mbak dani...
(gender mu opo sih? di blog kau tulis female, tapi di postinganku soal fotobox dirimu kau bilang ganteng...)
brisingr?? okey... boleh cuba tuhhh.

alex!
gw bukan om!!!!

joe..
nantilaa... bila da waktu, aku nak cuba...

freak dreamer said...

@ neng bidan geulis

masih cewek kok ;) tapi gak cantik ... artinya ganteng :> (hanya orang beriman dan bertaqwa yang percaya bahwa ada cewek tulen bisa ganteng)

Gumi Angga said...

waduhhhh...
macem velove sajah mbak...

Yosandy Lip San said...

makasih kunjungannya Tante Angga :)
.... review nya keren-keren euy ...

Tom Conchecks said...

Sdh rajin blogwalking lagi nte?...

Anonymous said...

hew..hew.. bener neh kejar setoran si tante, laskar pelangi dong yag sambungannya tapi yang lengkap males baca neh he..he..

*kaboooor ditimpuk buku 6.542 halaman*

adnan said...

Seperti biasa... novelnya sih biasa2 aja, gak ada yang istimewa, tapi resensinya bagus, bikin orang penasaran untuk terus membaca...:)

Good. Saya tunggu resensi berikutnya.

Anatasia Noorsaputera said...

tante, wah yg bner nih eclipse kurang ngegigit?
Tp tetep jd penasaran euy...
Makasih ya dah diresensi...
Hmm...sering2 mampir ah...^^

Gumi Angga said...

ya mbak,,,
di togamas diskon 25% dan DP 30rebu...
di gramed udah bisa nginden, DP 25rebu... sisanya 50rebu nanti pas 31 jan 09...