BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Wednesday, November 28, 2007

Gw dan Asma,,,

Gw benci asma, sama seperti gw benci bayar hutang, macet, banjir, dan benci ngeliat cowok yang udah jelek, sombongnya huuuuu nggak ketulungan....

Seinget gw, gw menjadi tersangka asma yaitu semenjak pindah ke Bandung 6 tahun yang lalu. Asma bronchiale adalah penyempitan saluran pernapasan (karena itu bunyinya wheezing, ngik ngik) yang penyebabnya adalah alergi. Alerginya itu bisa dari dingin, cape, stress, debu, bulu-bulu, asep dan lain-lain.

Gw sendiri, asmanya karena dingin dan capek.

Kenapa benci asma? karena kalo udah kambuh, repotnyaaaa bukan maen.
PERTAMA. Gw sadar, gw ini talkactive bangettttt alias doyang ngomong. (yang bisa ngalahin kayaknya cuma cinta laura doang...). Dan dengan kondisi pernafasan lewat mulut (karena via hidung sudah terblokir) gw rada susah kalo ngomong. Tiap mau ngomong, nelen ludah dulu. Jadi, kalo asma, gw jadi pendiem. Oya selain proses nelen ludah dan bernapas lewat mulut, gw juga sangat disibukkan dengan aktivitas nelen dahak. Yayyyyy.... pokonya repot kuadrat.

KEDUA, teringat dr. Nugie, Sp.A dosen gw, obat asma itu sebenernya adalah menghindari pencetus asmanya. Dan, kalo kita sudah dipastikan mengidap ama, ya seumur hidup pasti asma. Jadi, buat gw harusnya: hindari dingin dan capek. Ya Allah, untung.... penyebab asmanya bukan karena ngeliat cowok cakep,heheheh. Ga sanggup deh eke ngehindarin cowok cakep all my life, hihihi. Kalo gw lagi kaya, kalo asma-nya kambuh, gw cukup nyegak ventolin ato minum bronkophylin syroup. Ituuu kalo kaya.... karena kebanyakan jadi miskinnya, gw selama ini cukup nelen setengah butir neonapacin. Itu juga dengan efek samping jantung rada dugem dan mual-mual. Dan masalahnya, kalo kumat malem-malem, dan obat gak ada.... gak tidur deh semaleman.

setahun yang lalu, gw pernah bikin hipotesa. Pernah, waktu gw di Serang, Asma gw kambuh, lalu tante gw ngerokkin punggung. Ajaib, gw tidur dan asmanya hilang. Semenjak itu, gw minta dikerok (baca: body painting), kalo kambuh. Cuma repotnya,,, susah banget nyari orang yang nganggur, yang bisa ngerokkin. Penting juga deh kayaknya, bikin perjanjian pranikah dengan seseorang yang nantinya menjadi suami gw. Perjanjian diatas surat segel. heheheh: BERSEDIA MENGEROKI sepanjang hidup. Ingat man!!! Anda menikahi gadis cantik yang berasma! heheh.

KETIGA, yang gw benci dari asma adalah: penampilan-gw-yang-gak-banget kalo lagi bengek. Untuk memudahkan: bayangkanlah seorang Euis Darliah yang lagi ancur... bukan yang sekarang ini. Kalo Euis Darliah yang sekarang sih, gue suka banget. Pokoknya muka gw merah, hidung dan mulut kering, ahhhhh gak banget.....

TAPPI..... gw mencoba berpikiran positif. Dipikir-pikir, gw seneng juga punya asma. Gw bisa mengatur kegiatan agar gw jangan kecape-an dan kedinginan. Hidup terasa lebih teratur dan gw tau tentang batasan gw. Lalu, sebenernya dengan asma, gw punya waktu tidur yang cukup dan lebih.... dan ini yummy banget kalo bisa tidur-tiduran sambil baca novel. Kalo lagi sehat, pasti diomelin ("Tidur-tiduran mulu....bukannya ini-itu!"). Dan hehehehehe... siapa tau nantinya kegiatan kerok-kerokan dengan suami,,,, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan nantinya??? heheheheheh (Senyum nakal MODE ON)

Yang lebih penting dari semua itu adalah, gw jadi INGET MATI. Sebab: kalo bengeknya lagi parah-parahnya, gw suka berasa mau mati, hehehe. Dan ya ampun Angga! Ini kan gak parah-parah banget!!!!! Coba kalo Angga dikasih virus HPV dan tubuhnya berkutil-kutil seperti manusia akar itu gimana???? apa kamu masih sanggup hidup?

Jadi, mulai detik ini,,,, gw akan mulai berteman akrab dengan asma. Gw akan mencari, menggali informasi yang lebih banyak lagi tentang asma, dan akan berbagi dengan yang lain. Jangan jadikan asma ini sebagai penghambat untuk lebih maju dan maju.
Dannnnnnnnnnn.... gw yakin, kalo the man (yang nantinya jadi suami gw) yang bersedia mengeroki gw seumur hidup itu, pastinya dia orangnya penuh kasih sayang, dan suka tolong menolong kan??? uhuyyy. Mau dong.

So, thankyou Allah, akan hidup yang kayawarna bersama dengan asma ini...


Note: 3 hari ini, gw dapet serangan asma bertubitubi....hikshiks