BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Wednesday, November 28, 2007

Gw dan Asma,,,

Gw benci asma, sama seperti gw benci bayar hutang, macet, banjir, dan benci ngeliat cowok yang udah jelek, sombongnya huuuuu nggak ketulungan....

Seinget gw, gw menjadi tersangka asma yaitu semenjak pindah ke Bandung 6 tahun yang lalu. Asma bronchiale adalah penyempitan saluran pernapasan (karena itu bunyinya wheezing, ngik ngik) yang penyebabnya adalah alergi. Alerginya itu bisa dari dingin, cape, stress, debu, bulu-bulu, asep dan lain-lain.

Gw sendiri, asmanya karena dingin dan capek.

Kenapa benci asma? karena kalo udah kambuh, repotnyaaaa bukan maen.
PERTAMA. Gw sadar, gw ini talkactive bangettttt alias doyang ngomong. (yang bisa ngalahin kayaknya cuma cinta laura doang...). Dan dengan kondisi pernafasan lewat mulut (karena via hidung sudah terblokir) gw rada susah kalo ngomong. Tiap mau ngomong, nelen ludah dulu. Jadi, kalo asma, gw jadi pendiem. Oya selain proses nelen ludah dan bernapas lewat mulut, gw juga sangat disibukkan dengan aktivitas nelen dahak. Yayyyyy.... pokonya repot kuadrat.

KEDUA, teringat dr. Nugie, Sp.A dosen gw, obat asma itu sebenernya adalah menghindari pencetus asmanya. Dan, kalo kita sudah dipastikan mengidap ama, ya seumur hidup pasti asma. Jadi, buat gw harusnya: hindari dingin dan capek. Ya Allah, untung.... penyebab asmanya bukan karena ngeliat cowok cakep,heheheh. Ga sanggup deh eke ngehindarin cowok cakep all my life, hihihi. Kalo gw lagi kaya, kalo asma-nya kambuh, gw cukup nyegak ventolin ato minum bronkophylin syroup. Ituuu kalo kaya.... karena kebanyakan jadi miskinnya, gw selama ini cukup nelen setengah butir neonapacin. Itu juga dengan efek samping jantung rada dugem dan mual-mual. Dan masalahnya, kalo kumat malem-malem, dan obat gak ada.... gak tidur deh semaleman.

setahun yang lalu, gw pernah bikin hipotesa. Pernah, waktu gw di Serang, Asma gw kambuh, lalu tante gw ngerokkin punggung. Ajaib, gw tidur dan asmanya hilang. Semenjak itu, gw minta dikerok (baca: body painting), kalo kambuh. Cuma repotnya,,, susah banget nyari orang yang nganggur, yang bisa ngerokkin. Penting juga deh kayaknya, bikin perjanjian pranikah dengan seseorang yang nantinya menjadi suami gw. Perjanjian diatas surat segel. heheheh: BERSEDIA MENGEROKI sepanjang hidup. Ingat man!!! Anda menikahi gadis cantik yang berasma! heheh.

KETIGA, yang gw benci dari asma adalah: penampilan-gw-yang-gak-banget kalo lagi bengek. Untuk memudahkan: bayangkanlah seorang Euis Darliah yang lagi ancur... bukan yang sekarang ini. Kalo Euis Darliah yang sekarang sih, gue suka banget. Pokoknya muka gw merah, hidung dan mulut kering, ahhhhh gak banget.....

TAPPI..... gw mencoba berpikiran positif. Dipikir-pikir, gw seneng juga punya asma. Gw bisa mengatur kegiatan agar gw jangan kecape-an dan kedinginan. Hidup terasa lebih teratur dan gw tau tentang batasan gw. Lalu, sebenernya dengan asma, gw punya waktu tidur yang cukup dan lebih.... dan ini yummy banget kalo bisa tidur-tiduran sambil baca novel. Kalo lagi sehat, pasti diomelin ("Tidur-tiduran mulu....bukannya ini-itu!"). Dan hehehehehe... siapa tau nantinya kegiatan kerok-kerokan dengan suami,,,, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan nantinya??? heheheheheh (Senyum nakal MODE ON)

Yang lebih penting dari semua itu adalah, gw jadi INGET MATI. Sebab: kalo bengeknya lagi parah-parahnya, gw suka berasa mau mati, hehehe. Dan ya ampun Angga! Ini kan gak parah-parah banget!!!!! Coba kalo Angga dikasih virus HPV dan tubuhnya berkutil-kutil seperti manusia akar itu gimana???? apa kamu masih sanggup hidup?

Jadi, mulai detik ini,,,, gw akan mulai berteman akrab dengan asma. Gw akan mencari, menggali informasi yang lebih banyak lagi tentang asma, dan akan berbagi dengan yang lain. Jangan jadikan asma ini sebagai penghambat untuk lebih maju dan maju.
Dannnnnnnnnnn.... gw yakin, kalo the man (yang nantinya jadi suami gw) yang bersedia mengeroki gw seumur hidup itu, pastinya dia orangnya penuh kasih sayang, dan suka tolong menolong kan??? uhuyyy. Mau dong.

So, thankyou Allah, akan hidup yang kayawarna bersama dengan asma ini...


Note: 3 hari ini, gw dapet serangan asma bertubitubi....hikshiks

14 comments:

Praditya said...

"Ya Allah, untung.... penyebab asmanya bukan karena ngeliat cowok cakep"
Untung banget ya mbak... ^o^

"Perjanjian diatas surat segel. heheheh: BERSEDIA MENGEROKI sepanjang hidup."
Ide bagus... :p

"gw yakin, kalo the man (yang nantinya jadi suami gw) yang bersedia mengeroki gw seumur hidup itu, pastinya dia orangnya penuh kasih sayang, dan suka tolong menolong kan???"
Amiin... Moga berbahagia!
Hehehe... :D

Yusuf Alam Romadhon said...

ternyata punya sakit asthma yaa..
mudah2an jarang kambuh

morissupersaiya said...

salam kenal, mbak..
pertama saya kira mas lho..
saya sampai ke sini gara2 blogwalking ke blognya mas adhitya mulya..
mampir2 yo..
:-D

- Nilla - said...

Fakta yg bisa ditemukan dr postingan ini : bahwa ternyata Mbak Angga punya hutang!
huahuahuahuahuahua... xD
wah, kok sama kita bengekan Mbak?
Tp aku sih skrg udh jd asma pasif alias udh jarang kambuh! ;)
Btw...
"sebenernya dengan asma, gw punya waktu tidur yang cukup dan lebih.... dan ini yummy banget kalo bisa tidur-tiduran sambil baca novel."
Huuuuuuuuuuuuuuu... ntar malah jd makin parah loh asmanya!
hihihihi... xP

ichaAwe said...

aku juga pny asma...penyebabnya allergi, stress yg kelewat & cuaca panas *dingin mah sik asik ajah...makin dingin makin sehat* ...
so aku saranin..pergi kedokter & bilang mo terapi uap... cobain degh...soalnya aku dulu ngaruh banget...secara jakarta penuh debu dan panasna minta ampuunn

pyuriko said...

Untungnya pas ketemuan kemarin, asmanya Angga gak kambuh yaa :D

Ayooo, berenang... :D katanya bisa mengurangi kambuhnya si Asma...

putri_angga said...

toek adith....
ya untung banget... penyebabnya bukan cowok cakep... gawat juga kan,,,, bisabisa kalo aku ke blognya adith,,, aku asma???
-------------huhuhuhu ge-er niyey?
perjanjian surat segel? heheheh hhuhuhuhu dia mau tuh. Katanya: "Tapi kamu mesti ajarin aku dulu..."
makasih ya dith dith........


ihhhhhhhhhhhhh mami nadine,,,,
aku kan di bandung.
Asyikkk dooong,,,, di mesir mah kan panas mih... gak pernah kambuh2 lagi kan??

iya mbak iko,,,
tapi kalo di danau UI mah,,, mendingan jangan berenang yah???? heheheheheheh
dr. Yusuf.................
makasih ya dok...
betewey,,,, ada jatah obat asma gak di puskesmas???? (*v* tingting.... penuh pengharapan)


morris.........
ahhhhhhhhhh masa sih moris????
kok kamu gak pede gitu???
hhuuhuhu janganjangan kamu malah adhitya mulya-nya??? hehehehehe
selamat dateng ya morris... jangan lupa, sering2 kemari...

mbak nilla,,, coba baca yah di biografi orang2 terkenal.... pertama2 mereka miskin dulu,,,,, lama2 kaya... karena mereka giat banget.
Kita berdua,udah punya hutang,,, kita juga giat bekerja dan berusaha kan...
tinggal terkenal dan suksesnya aja,,, hehehehehe
---------btw,,, sebelum asmanya kambuh, biasanya kan udah feeling,,, aku suka ke bookrental dulu, heheheh

NN said...

Bu bidan , asma itu nular gak ya, trus turunan gak ??

putri_angga said...

menurut saya yah, asma bukan turunan,,,,,,,,, eh tapi itu kan alergi yah? soalnya alergi itu menurun.
jadi kayaknya turunan deh.

Gak nular beib,,,
jadi... jangan takut berteman sama saya yah mas Landi...

senny d'ordinary said...

untung nggak punya asma!!!

coba renang deh, katanya bisa ngobatin asma

Nona Nieke,, said...

Sesama orang astma ga boleh saling mendahului, eh, ga boleh saling ngejek mksdnya x) soalnya td mau ketawa ngakak baca postingan ini, heran, knapa ya kok kayaknya sumringaaaah banged saya ini baca kisah2 penderitaannya mbak Angga *whoops :D*

Buat aku yg paling menyiksa memang yg terakhir, bayangkan kalo lagi astma gitu napas kita putus! Hiii, seremmm. siap2 ketemu malaikat pencabut nyawa!

Owya, sempet dikasi obat semprot yg kayak pipa2 di atap rumah itu gak, mbak? aku sih sama Jumi skrg dah pasif

JeNgKoLHoLiC said...

Wah ..., asma yah ?, tapi kan sekarang dah bisa di sembuhkan kan ?

putri_angga said...

yah,beruntunglah sen...
tapi senn,,, siapa tau ada bakat asma lho... ini kan penyakit alergi, sementara alergi itu kalo kita...ahhhh nanti aja lah ya dijelasin,,,
ayo senn,,, kita berenang bareng, heheheh....

nona nieke,,,,
kesumringahan anda, adalah kebahagiaan saya,,, heheheheh
itu motto blog gw yg terbaru, hahahahha...
iyah mbak, kalo lagi kaya... aku make ventolin.

gak bisa mas jengkol.... asma ini akan abadi,,, karena dia penyakit alergi....

日月神教-任我行 said...

走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,聊天室