BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Tuesday, October 14, 2008

MAXIMUM RIDE --- The Angel Experiment


Cover edisi Indonesia...

(terbitan GPU, April 2008, 536 halaman dan harhanya Rp. 66 ribu)

Yihaaaa. Akhirnya selesai juga baca novel ini. Asli!!! Novel ini keren banget. Kali ini, setuju kan, bang Adnan?

AKHIRNYA DATANG JUGA!!!
novel persahabatan juga novel pertualangan yang te-o-pe be-ge-te.
Sudah cukup bosen gw, dengan novel cinta-cintaan, hehehe.
gw dah kangennnn banget sama novel model STOP alias Sporty-Thomas-Oscar-Petra... akhirnya, nemu juga.... terimakasih ya gramed-ku. Akhirnya datang juga.

WEWWW...
diumur 14 tahun, kamu semua, keadaannya bagaimana?
baik-baik aja? sibuk ngeceng? sibuk belajar buat masuk SMA bagus?
apakah kamu hidup dalam ketakutan di usia 14 tahun? ketakutan akan asal-usul kamu yang gak jelas. dan ketakutan akan masa depan, yang gak jelas juga? Bagaimanakah kalau kamu tau, kalo kamu ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia? Yang jelas, pasti kamu (dan juga gw) hidupnya jauhhh berbeda (dan lebih menyenangkan) daripada hidup Maximum Ride.

Padahal, apa bedanya sih, gw dengan Max di umur 14?
cantik, sama.
Rambut, sama.
Berani iya.
Pencinta anak kecil, iya.
Bedanya? gw bisa hidup dengan bebas, sementara. Maximum menjalani 10 tahun-nya, hidup dalam kandang, dan dia bersayap.

--------------------------------------------tertarik? lanjut.

Membuka novel Maximum Ride ini (btw, judul novel ini sama juga dengan nama tokoh utama-nya), kita sudah diperingati sejak awal bahwa:

JIKA KAU BERANI MEMBACA KISAH INI, KAU AKAN MENJADI BAGIAN DARI EKSPERIMEN....


Nampak seru dan menarik, kan? Emang salah satu kemahiran dari Opa James (Patterson) yang lahir di Newburgh-New York pada tanggal 22 Maret 1947 ini adalah: melibatkan para pembaca dalam novel karya ciptaannya.


-------foto Opa James---------

Bayangkanlah.
Ada 6 orang anak bersayap (3 perempuan dan 3 laki-laki) yang sudah selama 4 tahun ini, hidup dalam rumah pohon. Mereka 98% gen-nya adalah gen manusia dan 2%nya lagi adalah gen burung. Mereka diselamatkan oleh salah satu ilmuwan jas-putih yang bernama Jeb Batchelder. Jeb sendiri, telah menghilang selama 2 tahun ini dan mereka beranggapan, Jeb diculik oleh Pemusnah (The Erasers) dan sudah meninggal.

Cerita dimulai saat Max (14 thn, pemimpin) terlonjak bangun karena mimpi buruk, mimpi bertemu dengan pemusnah yang sedang mengejarnya. Memang, dalam kehidupan nyata, bertemu pemusnah yang merupakan human-lupine (wolf) ini adalah mimpi buruk. Dan mungkin, mimpi buruk tadi malam itu adalah pertanda buruk akan terjadi kejadian yang buruk di pagi harinya... (hehehe banyak kata buruk, hehehe).

Yup. Angel (si bungsu, 6 th) berhasil diculik oleh pemusnah. Dan betapa terkejutnya mereka, karena salah satu pemusnahnya adalah Ari Batchelder (anak Jeb), yang masih berusia 7 tahun!!!!

Mereka mati-matian mempertahankan diri, walaupun babak belur. Fang (4 bln lebih muda dari Max, si ganteng kalem) dikeroyok oleh pemusnah. Iggy (6 bln lebih muda dari Max, kedua matanya buta) bengkak-bengkak di matanya... Nudge (11 th, pemuja Fang) kepalanya terbentur pohon. Dan Gasman (Or Gazzy, kakak kandung Angel, 8 th) pingsan. Para pemusnah berjaya menculik Angel dan kabur dengan Humvee hitam.

Dan pertualangan pun dimulai.
Ini misi penyelamatan Angel, dan kemungkinan besar Angel dibawa ke School, alias Sekolah. Sekolah, adalah tempat dimana mereka harus terbang dari tempat pondokkan mereka (Pegunungan Sangre de Cristo) ke Death Valley, 13 km di utara Badwater Basin. Itu artinya mereka harus terbang sejauh 900 km dan harus terbang selama minimal 7 jam tanpa istirahat. weew...

Max, Nudge dan Fang pergi mengejar Angel sedangkan Iggy dan Gasman di pondok saja, sesuai instruksi Max. Siapa tahu kan, Angel berhasil kabur dan bisa pulang ke rumah?

Oh yah, karena ada 134 Bab di dalam novel ini,
saran: bacalah novel ini seperti menonton film, yang adegannya berganti-ganti. Jangan kaget atau bingung. Enjoy aja! (akhirnya gw mengerti, kenapa Maximum ride ini dilombakan... susaah euuy nge-resensinya)

Selagi yang lainnya mencari dirinya, Angel dan terbangun, menyadari dirinya sudah berada dalam kandang, di laboraturim Sekolah.

Dan tentu saja, Iggy dan Gasman tidak akan berdiam diri saja di rumah. cepat atau lambat... para pemusnah akan datang dan menyapa: "hai babi kecil...hai babi-babi kecil" dan membawa mereka ke Sekolah.
"Nomor satu: Buat bom- hanya untuk perlindungan diri. Nomor dua: ledakan pemusnah jahat saat mereka kembali ke sini"
"Oh yeah. Sekarang kita beraksi. Ini untukmu Angel!"

Max, memisahkan diri dari rombongan karena ia melihat ada seorang anak perempuan, di darat, yang harus diselamatkan. Alih-alih setelah menyelamatkan Ella Martinez, dirinya malah tertembak.

Nudge dan Fang yang menunggu Max di gua, malah mendapatkan pengalaman baru. Mereka mengamati cara Elang berkomunikasi. Elang-elang itu juga mendiami gua yang sama.

Dan, ternyata ... kebetulan sekali.... Ella mempunyai ibu seorang veterinarian alias dokter hewan. Rahasia Max (kalau dia manusia bersayap), terbongkar. Tetapi, Ella dan dr. Martinez merawat, membersihkan luka-lukanya dan menghentikan perdarahannya. Max merasakan kasih sayang sebuah keluarga. Dr Martinez ternyata menemukan sesuatu yang tidak diketahui oleh Max selama ini, selagi me-rontgen Max. Yaitu: Microchip yang tertanam di otot Max. Microchip ini bisa membuat keberadaan Max terlacak. pantas saja para pemusnah dengan mudah menemukan mereka.

Microchip ini tidak bisa dikeluarkan dengan operasi karena akan merusak otot, saraf, pembuluh darah yang sudah tumbuh dengan baik. Bisa-bisa Max malah lumpuh.

Angel, ternyata menemui fakta yang mengejutkan! Jeb Batchelder ternyata masih hidup! Namun Jeb yang sekarang sudah berbeda. jeb yang sekarang tidak bisa dibaca pikirannya oleh Angel.

Iggy dan Gasman berhasil membunuh beberapa pemusnah yang datang ke pondok mereka. menyadari mereka tidak aman lagi, mereka memutuskan ikut bergabung mencari Angel. dan Max, setelah 2 hari perawatan, terbang (dan meninggalkan Ella dan dr Martinez dengan sedih) ke tempat terakhir ia dengan Nudge-Fang berpisah.

Yeyeyee..... mereka berkumpul kembali!

....kemudian aku mengulurkan kepalan tangan kiriku, lalu keempat anak yang lain segera menumpukkan kepalan mereka di atasnya. Kami menepuk tangan satu sama lain dua kali, kemudian mengacungkan tangan.

"Demi Angel!" aku berteriak, dan suara mereka mengikuti.

"Demi Angel! Demi Angel!"

Kemudian, satu demi satu, kami melompat dari bibir, membuka sayap, lalu terbang menuju sekolah yang kami benci dan takuti.

Akhirnya setelah mereka berlima berkumpul, misi penyelamatan Angel pun dimulai kembali. Karena mereka butuh uang dan makan, mereka menghalalkan segala hal seperti mengambil uang dari ATM orang dan mencuri mobil...

seru banget pertualangan mereka.

Tapi,,, lagi-lagi Ari menemukan mereka. Mereka dikepung dan tertangkap. Mereka berkumpul menjadi 6 lagi, tapi tidak bahagia, karena mereka berada di laboraturiom sekolah, di kandang masing-masing.

Dan bersama-sama menyaksikan bahwa Jeb Batchelder masih hidup. Mereka menjadi beci dan bertanya-tanya, apa maksud Jeb selama ini.

Ketika mereka dikeluarkan menuju lapangan, untuk bertarung dengan para pemusnah, sekelompok elang menyelamatkan mereka, dengan datang dan menyerbu para pemusnah. Akhirnya mereka selamat kembali!!!
(Elang juga punya hati ya? Punya rasa persahabatan juga... ini karena kemampuan Fang, bisa bersosialisasi dengan Elang)

Angel kemudian membagi rahasia (dari hasil curi dengar pikiran ilmuwan jas putih) bahwa: asal usul mereka ada di Institut Kehidupan, New York.
Mereka pun sepakat mencari Institut itu.

Berhasilkah mereka?
Apakah para pemusnah kembali berhasil menangkap mereka?
Lalu, bagaimana nasib Max, yang akhir-akhir ini pendengaran-pendengaran serta penglihatan (macam halusinasi) aneh?
Katanya: Max, kau harus menyelamatkan dunia!

Waaa seru kan? yup benar kata Max, kita akan gak sabar menanti kelanjutannya.
Saat ini, di negeri-nya Opa James sudah terbit lima judul serial ini:
1. Maximum Ride: The Angel Experiment (11 April 2005)
2. Maximum Ride: School's Out Forever (23 May 2006)
3. Maximum Ride: Saving The World & Other Extreme Sports (3 May 2007)
4. Maximum Ride: The Final Warning (17 Maret 2008)
5. Maximum Ride: Water Wings (16 Mei 2009)

Bahkan,,,
Avi Arad, produser Spider Man, X Man dan film-film Marvel kabarnya bersedia memproduseri film ini, dengan Screenrights oleh Columbia Pictures dan skenarionya oleh Don Payne. Filmnya dirilis antara 2010-2012. Hore horee.... tapi lama amattt yah....

Edisi graphics novel-nya juga ada disana. Keren kan...

Owyah,,,
diantara mereka ber-6...
Fang-lah yang rajin menulis tentang perkembangan mereka. Bisa dilihat disini

COVER

gw lebih suka cover edisi Amerika:

cover edisi Amerika...

Kejanggalan (atau gw sendiri yang merasa janggal??)
Di halaman 346 dan 347
Nama toko mainannya itu, AFO Schmidt atau FAO Schmidt?
Di halaman 373,
kita membaca:
Saat menoleh cepat ke belakang, aku melihat si polwan mengambil boneka beruang Angel dam memandangi kami.
di hal 389, kita baca:
...Ia mengangkat bahu, lengannya bergerak untuk memeluk Celeste lebih erat kemudian terkulai lunglai di sisi tubuhnya....
Lho,,, kok si Celeste udah di tangan Angel lagi,
bukannya di halaman 417:
Angel berhasil mempengaruhi Ari yang sedang memegang Celeste.
pertanyaannya: Yang di halaman 389, Angel bukan meluk Celeste, kali.... hehehhe.


Pesen gw:
ayoooo
kita sama-sama terlibat dalam eksperimen ini!!!

16 comments:

freak dreamer said...

sudah baca yang When the Wind Blows belum, neng? Itu pre-story tentang Angel experiment sebelum Mr.Patterson bikin Maximum Ride series lho ;)

pyuriko said...

Ini kan buku yang menenamin Angga kemarin mudik ke jakarta, hehehe

putri_angga said...

iyuppp.... katanya sih begitu...
----aduhh si tante dani ini-----
selalu saja bikin ngiri.
kapan yah, tiba masanya : aku yang nanya:
eh tante dan,,, dah baca 'ini' belom...? hehehehe.
susah deh, mau ngelawan dirimu... hehehe


mbak iko,
iyah mbak, hehehe jadi maluuu.
susah perjuanganku kan?
eh begitu mo ikut lomba,
lombanya dah ditutup...
what is the nasib...

Dien said...

kok aku belum tahu ya...
Bisa dipinjemin novelnya ga?...
Hehehe...

freak dreamer said...

tenang,neng :D gw belom baca yang Maximum Ride series n Eclipse kok :p

You still a step ahead from me ;)

muhammadamrul said...

wadowh, udah mulai ngebahas aja nih...

PR baca novel saya masih banyak :(

gimana yah bisa baca secepat dikau??

sayah paling cepet baca, paling baca komik :D

btw, novelnya keknya keren, masuk waiting list aah :D

Didi Kusmarjadi, MD Obgyn said...

wew keren bangets resensinya...

putri_angga said...

tantedien...
boleh banged... kesinih dong...

tantedani,,,
ahh dasar si-tante....
(btw, aku mo kursus bahasa inggris lohh)

bangdamrul...
betul bang... novel wajib baca nih..

om DeeDee,,
ahhh masa sih om??
gag-lip-service ajah kan? hehehe...

dimasdhea said...

blum sempet baca *hehehe.

Didi Kusmarjadi, MD Obgyn said...

Aku pria jujur...loh

Ei ngomon2 sdh dapat orderan review belum? Itu aku barusan dapat order 2 tulisan sekaligus...each cost $10, total $20, lumayan euh...side job spog kurang kerjaan...he..he..he...

enggink said...

ada filmnya ga ya?

putri_angga said...

dimasdhea...
mo gw pinjemin?


dokter didi,
sejujurnyaaaaa....
(boleh jujur ga?)
aku belom daptar...
soalnya aku sibuk sekaleee,,, gak ada waktu.
tapi. suatu saat nanti.
akan kucoba.

enggink,,,,
ada say... tahun 2010-2012...

Lily said...

Tante, udah baca yang Maximum Ride: School's Out Forever-nya belum? :D. Indo-nya udah ada lho... Buku ke-3 sampai ke-5nya ga tau mau ada atau nggak (Indonesianya).

Filmnya kata Wiki bukannya tahun 2009 ya? (atau itu tanggal mulai bikinnya? :P)

tante angga said...

lili,,,
aku lagi gak ada waktu baca novel.
Oya yang terakhir kali, aku baca Bartimaeus. Dan KEWREEEN BANGET, aku syuka.

Anonymous said...

wah,,,aq dah baca experiment angel(1) n final warning(4)...
penasaran ma novel 2 n 3 nya.... soalnya dah keliling toko bku d kota aq (mksr) tp ga ada,,,
penasaran,,,, T_T'
btw,,mank komiknya dah ada???kq aqq ga pnh lht d toko2 buku yah???
ada yg tw situs ntuk baca maximum ride ga'???yg free gtu,,,hehehhe/...
thx b4 all.... ^_^

Widya Ayu Pratiwi said...

Aku baru selsein baca ini :3 aku setuju sama keganjalan di halaman 389 aku aja sampe diulang bacanya kali aja salah nangkep hehehe awalnya beli ini setengah hati kirain ngbosenin taunya pas udah nyebur aku kelelep -_- maksdnya cinta mati sama ceritanya :D