BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Friday, February 01, 2013

Dana Pendidikan Anak

Ayla, anak kami baru berusia 17 bulan. Artinya, paling sedikit 3 tahun lagi dia akan sekolah TK. 3 tahun itu masih lama ya... tapi kalau membayangkan 3 tahun itu kami dalam kondisi masih mencicil rumah dan mobil, sepertinya masalah dana pendidikannya juga harus dipikirkan dari sekarang. Belum lagi kalau nantinya Ayla punya adik, gimana dong ...

Ah belum kejadian aja udah paranoid. Enggak, ini bukan parno tapi ini perencanaan. Niatnya ingin menyekolahkan Ayla di sekolah yang baik dan tentunya harus dibarengi dengan ikhtiar yang baik serta berdoa selalu agar dimudahkan. Teringat akan ucapan seorang teman yang bilang “Pendidikan adalah investasi paling minim dengan hasil paling maksimal” juga ucapan seorang financial planner yang bilang “Jangan sampai penghasilan orangtua menjadi penghalang bagi cita-cita anak”. Dalem yah?

Dulu, saya sempat bersekolah di SD Negeri dan di SD Swasta. Dari kelas 1 sampai kelas 3 di SD Negeri baru kelas 4 pindah ke SD Swasta. Terasa benar perbedaannya. Dari pengalaman itu saya mendapatkan kesimpulan bahwa di lingkungan sekolah yang baik, anak dapat tumbuh berkembang dengan baik dan bisa melanjutkan ke sekolah yang baik juga. Jadi inget waktu SMP kok berasa cuma pindah kelas saja karena teman-temannya ya itu-itu aja.


 Suatu hari setelah membaca bukunya Ligwina Hananto dan melihat kenyataan bahwa dana pendidikan itu setiap tahunnya terinflasi sebanyak 15-20%, saya kaget. Misal uang pangkal 5 juta tahun 2013 ini, di tahun 2017 saat Ayla mau masuk SD UP-nya akan menjadi 8,75 sampai 10 juta. Itu baru uang pangkalnya aja. SPP dan lain-lainnya? Kalau melihat gaji kan palingan naik setahunnya Cuma 10%. Tenaaaang kan ada gaji ke-13? Iya mudah-mudahan ada terus yaa... Iseng-iseng saya bikin status di facebook, bagaimana cara Anda menyiapkan dana pendidikan anak? Dengan menabung, investasi atau Anda tidak begitu memikirkan, semengalirnya saja. Jawaban teman-teman bisa dilihat disini:

Lalu, saya juga menanyakan soal berapa sih Uang Pangkal dan biaya sekolah anak SD? Jawabannya bisa dilihat disini:


 Kalau melihat jawaban teman-teman yang sudah berpengalaman menyekolahkan anaknya di SD, kaget! Iyaaaa, kalau di SD negeri mah gratis uang pangkal, tidak ada SPP. Tapi kalau ada Orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di SD Swasta, gak apa-apa kan? Suami saya pun pinginnya Ayla bersekolah di SD Negeri saja. SD Negeri juga banyak yang berkualitas. Tapi tidak ada salahnya juga kan mempersiapkan dana pendidikan untuk ke sekolah swasta? Kalaupun Ayla masuk SD Negeri, nanti dananya bisa dialihkan untuk tujuan finansial yang lain, bisa juga untuk dana sekolah SMP-SMA dan kuliahnya. Syukur-syukur kalau masuk SD Negeri, SMP dan SMA Negeri unggulan dan masuk universitas negeri. Syukur-syukur bisa dapat beasiswa. Tapi kita sebagai orangtua harus tetap berkewajiban menyekolahkan, menyiapkan dananya  Saya googling tentang mempersiapkan dana pendidikan anak dan menemukan blog ini.


 Jadi setelah baca-baca, langkah yang saya dan suami harus kami lakukan adalah: 1. Memilih sekolah mana yang cocok untuk Ayla. Walaupun Ayla-nya sendiri sekolahnya masih lama tapi setidaknya kami sudah punya bayangan. 2. Mengetahui berapa kisaran uang pangkalnya dan biaya lainnya. Ini maksudnya biar tahu berapa pengeluaran rutin per-bulan dan belum lagi biaya tidak terduga lainnya. 3. Mempersiapkan biayanya. Pertama, setelah mendapatkan kisaran dana pendidikan SD selama 6 tahun kita pikirkan biayanya apakah dengan menabung (kata ligwina: menabung saja tidak cukup!), investasi atau lainnya. Setelah terkumpul biaya sekolah SD, mulai memikirkan biaya SMP, SMA dan seterusnya.



 Hmm... jadi teringat dengan kakak ipar yang bilang dana pendidikan anak pertamanya sudah tercapai, tinggal adiknya. Ayo semangat semangat! Kita persiapkan dana pendidikan anak kita yuk!

7 comments:

Tjak Doel said...

10 th lalu istri saya jg sempat bingung mikir biaya sekolah. apalagi saat itu penghasilan sy sbg pedagang gak pernah ajeg. itupun pas-pasan. Tp saya bilang ke istri, duit urusan saya, gak usah dipikir. Yg jelas, jangan hanya krn gak ada duit terus pendidikan anak dikorbankan.

Saya konsekuen. berapapun yg dibutuhkan, alhamdulillah, selalu tervukupi, meskipun sy hrs akrobat. Financial planning memang hrs dibuat, tp jangan sampai membuat kita jadi gamang.

Anonymous said...

Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit
and sources back to your weblog? My blog is in the very same area of interest as yours and my users would truly benefit from some of the information you present here.
Please let me know if this okay with you. Regards!

Here is my web blog cedar finance reviews

Agen IBCBET said...

harus mempersiapakn segala sesuatunya y mbk,,
memprediksi tentang dana apa aja yang ntar buat anak kita,,
ribet y punya anak, wkwkwkkw

Obat herbal rematik said...

blognya bagus gan

Software Point of Sales Online Omega POS Cloud said...

ha ha hay.

salam kenal dari ane blogger Probolinggo mMn » mufid » Pengertian Jilbab dan blog Disen teMplate Blog. kunjungi balik

cream pemutih wajah alami said...

CREAM PEMUTIH WALET ASLI | PEMUTIH WAJAH ALAMI
CREAM PEMUTIH WALET ASLI OBAT PEMUTIH DAN PENCERAH WAJAH ALAMI
Cara Pemutih Wajah Cream Walet Sarang burung walet telah digunakan pada masa dinasti Ming di abad 15. Konon, salah satunya adalah efek mendinginkan dari sarang burung walet mencegah kekeringan dalam tubuh sehingga membantu Cara merawat kulit awet muda, bebas keriput, sekaligus tetap mulus.
Untuk membuktikannya beberapa penelitan terhadap cream walet atau sarang burung walet dilakukan, dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa Cream Pemutih wajah cream walet murni atau sarang burung walet mengandung glyco protein yang berkhasiat memerbaiki daya tahan tubuh dan membersihkan paru-paru, serta mengandung growth factor yang meregenerasi sel dan meningkatkan kolagen kulit.

Toko Nafis

Call / sms ; 0813 2543 2212
Pin BB ; 7D F18 F28
Cream Walet Asli
- OBAT PEMBESAR PENIS
- Lintah Oil
- Alat Pembesar Penis
- Celana Vakoou
Obat Vimax Asli
Obat kencing manis
Obat Sex
ALAT BANTU SEX WANITA
VIBRATOR PENIS IKAT PINGGANG Call/sms; 0856 0795 4414
- alat bantu sex wanita terbaru
- alat bantu sex wanita terlaris

Unknown said...

網頁設計 網路行銷 關鍵字廣告 關鍵字行銷 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ