BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Thursday, October 15, 2009

Maximum Ride 4: The Final Warning

MAXIMUM RIDE "THE FINAL WARNING"
a.k.a PERINGATAN TERAKHIR
oleh James Patterson


Kalau kamu merasa kamu-lah anak muda masa kini, anak muda bergawl, anak abad 21... tapi kamu gak tahu apa itu Pemanasan Global,
Huuu, i'm sorry to say yah, bahwa kamu itu: PAYAH.

Kamu belum telat kok untuk nyari tahu, apa itu Pemanasan Global, yah kalo kamu malas baca-malas nyari tahu-malas googling, bolehlah baca MAXIMUM RIDE 4 ini...

"Pemanasan global itu apa sih?" Tanya Iggy.
"Pada dasarnya, itu pembengkakan jumlah gas-gas tertentu, seperti karbondioksida, di atmosfer kita, jawab Melanie. "Atmosfer pun menjebak gas-gas itu disana, dan gas-gas itu berfungsi seperti selimut. Membuat temperatur rata-rata di laut dan di udara meningkat perlahan." (Hal 138)

lalu...

..."Tapi masalahnya adalah satu perubahan kecil saja pada temperatur bumi akan menyebabkan berbagai macam perubahan lain. Seperti domino runtuh."

"Selain bencana kehilangan daratan di seluruh penjuru dunia, bahkan kenaikan temperatur sedikit saja akan menyebabkan cuaca ekstrem dimana-mana," Paul menjelaskan. "Sekarang saja kita sudah mengalami lebih banyak angin ribut, tornado, tsunami, gempa bumi dan hujan cuma karena temperatur bumi meningkat hanya sedikit lebih dari satu derajat dalam seratus tahun belakangan. Di sisi lain kita juga mengalami lebih banyak kemarau dan kebakaran hutan." (Hal 139)

Keren kan? Gw bilang TFW ini novel update pisan-lah, meskipun banyak orang yang memperkarakan the change in direction of the series from an action-filled adventure with a somewhat convicing plot to a global-warming propaganda rag full of plotholes and little character development. Meskipun gw juga punya protes-protes kecil, tapi gw tetep zzzukaaaa seri#4 ini karena udah kadung cinta sama Max, Fang, Nudge, Iggy, Gasman dan my favourite, yang Max bilang:
Dia prajuritku yang gagah berani. Setangguh baja: A N G E L



this is my Angel...

Novel yang tipis dan bikin kecewa
Sempet kecewa juga, "yah kok tipis banget sih" soalnya kan 3 seri sebelumnya tebel-tebel semua. Dan gw sempet kecewa karena gw piir ini masih soal ITEX-ITEX-kan, ternyata ada musuh baru (yang gak jelas) bernama Uber-Direktur dan pelayan setianya, GOZEN (yang gw bilang sih lebih-sereman-dia dibanding bosnye)

Deskripsi Uber-Direktur (yang gak jelas itu):
... dan sesuatu yang tidak pernah kulihat sebelumnya: manusia transparan, dengan organ-organ dan lainnya didalam kotak-kotak plexiglass tembus pandang dan kepalanya menempel pada satu kotak dengan tulang punggung yang hampir telanjang. Dia duduk - atau lebih akuratnya, ditumpuk di kursi roda khusus... (hal 273)

"Aku Uber Direktur." katanya, dengan suara mirip Gozen: suara manusia tapi bernada aneh, juga ada kesan mekanis yang samar. Saat mengamati lebih cermat, aku melihat isi perutdan organ-organ dalamnya dikelilingi dan disambungkan ke bagian mesin-slang, pompa, benda-benda elektronik. Dan ya, ia memang sangat menjijikan seperti kedengarannya. Jika aku belum pernah melihat sejuta benda menjijikan dalam hidupku, aku akan muntah saat itu juga. (Hal 274)

Geuleuh kan, GAK JELAS.

Love is in the Air, bagi Max-Fang dan Total-Akila...
Akila, adalah seekor anjing malamute (Upps Total, i'm sorry - tapi dia benar-benar seekor anjing, Total...) milik para ilmuwan yang sedang meneliti pemanasan Global.
Total, gw sukaaaa gaya-lo. Simak deh:

"Akila cantik sekali," kata Angel. "Seperti beruang teddy putih."
"Cantik? Dia dewi!" Total berkata dengan suara serak.
"Air liurmu menetes ke tempat tidur Angel" ejek Gasman.
Total menelan ludah. "Oh ya Tuhan, dia menakjubkan. Apakah kalian lihat tulang pipinya? Bulunya, lebih cerah daripada cahaya matahari..."
Iggy memutar bola matanya.
"Ehm, Total?" aku berusaha menyadarkannya. "Akila memang cantik dan sebagainya, tapi kau tahu, dia cuma anjing biasa, dan..."
Total melonjak tegak, matanya menyala-nyala.
"Anjing biasa! Dia kesempurnaan! Jangan pernah kau sebut dia 'biasa' lagi! Apakah Venus de Milo hanya patung? Apakah Monalisa hanya lukisan? Apakah Louvre hanya museum?"
"Bukan, semuanya keren," Nudge setuju.





Seperti biasa, seperti di edisi sebelumnya, di seri #4 ini max cs mengunjungi gedung Pentagon, meskipun mereka ternyata melanggar batas udara Pentagon. Hehehe, seru.

Sebenernya, seri #4 ini bagi gw, mengecewakan. Kenapa? karena selain musuh-yang-gak-jelas-itu, konflik ceritanya juga gak jelas. Gw kira Jeb dan dr. Martinez akan berkhianat, taunya nggak. Terus, perjalanan Max cs dengan peneliti-peneliti itu, tadinya menghibur, seakan gw lagi nonton ALIAS... tapi memang tema Pemanasan Global ini seakan cuma 'tempelan'. Karena gw gak dapet INTI dari seri#4 ini.

Apakah ini cuma taktik opa James Patterson saja, men-slowdown-kan konflik agar di seri#5 jadi seru??? hehe. I hope so.

Tapi, walopun rada garing, gw seneeeeng kok sama seri #4 ini,,, udah kadung cinta sih, hehe. Bagaimana dengan kamu?


Love,
^^, Anggauzz

P.s: maap yah, gw masih kagok nge-review lagi. Next time better deh.