BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Tuesday, August 25, 2009

catatan PBH : DBS?? makanan apa tuh??

allow mpok angga's follower & blogger semua.....

kenalin, gw PBH, yang sering disebut2 ama mpok angga. ini sekedar tulisan selingan aja, mengisi kevakuman dari mpok angga yang memang lagi sibuk2nya ngurus puskesmas (dan pesbuk) hehehehe.....

-------------------------

beberapa hari (apa minggu ya?) yang lalu, gw dapet kosakata baru buat dimasukin ke kamus kehidupan gw. itulah : DBS!!! awalnya gw gak ngeh. gw kira tadinya nama bank (kan ada tu bank RBS)... ternyata DBS itu singkatan dari Duta Business School....

gw sendiri kenalnya dari temen gw yang kerja di bukopin. sebutlah : gontor (nama samaran, soalnya gw blom izin, hehe). si gontor ini masih JT di bukopin. awalnya dia ngajak ketemuan di deket kantor gw. katanya sih mo presentasi TRB (Tabungan Rencana Bukopin). jadilah kita makan2 di makanan Padang. mang bener sih dia presentasi ttg TRB, tapi gak sampe 10 menit. 30 menit ke depan, dia banyak ngoceh ttg DBS....



nah.... and the story begin.....



ternyata DBS itu semacam bisnis pulsa. gak tau deh kenapa namanya DBS, gw kira tadinya sekolah... tapi bedanya, kalo kita pengen jualan pulsa dengan menggunakan nama DBS, kita harus jadi membernya, yang gak gratis (kalo yang laen biasanya gratis, gak ada member2an). untuk jadi membernya, qt harus ngerogoh kocek 200rb yang berarti qt dapet 1 HU (Hak Usaha). selain 1 HU, qt juga bakalan dapet fasilitas laen, kek asuransi, isi ulang pulsa ke hp sendiri, dsb. nah, buat nambah HU lagi, gak usah beli membernya, cukup keluar 150rb qt dah dapet 1 HU. dan HU itu bisa dibeli berkali2. si gontor beli ampe 6 kalo gak salah. sampe sini, gw cukup faham.....

lanjut......

kalo qt berhasil ngerekrut member baru, ato menambah HU, qt bakalan dapet bonus. macem2 deh bonusnya. bonusnya sih gak gede.... tapi kalo di bawah qt ada banyak member yang gabung dan HU yang nambah, bakalan jadi guedeeeeeee......... si gontor ngejelasinnya pake gambar2 gt. macem sistem piramid.

gedenya segede apa??? nah..... kalo mo liat apa yang didapet, ya liat yang di piramid paling atas. dialah..... FEBRI..... (presdir DBS). kebetulan rekening febri ini ada di bukopin. n u know what?? jumlahnya sangat amat fantastis banget!!!! gak usah disebut deh, itu rahasia nasabah.... pokoknya more than u can imagine lah.... trus, yang ada di piramid bawah?? sangat gak mungkin bisa ngelewatin dia. kalo di piramid bawah bisa beli mercy C240, mungkin si Febri dah bisa beli pulau.

laen febri, laen jg adeknya, RANDU (komisaris DBS). randu ini rada istimewa bagi gw dan gontor. soalnya randu ini dulu satu organisasi sama qt di Bandung. qt tau dulu randu kek gimana. dan bisa dipastikan kalo dia orang pertama yang ngejalanin sistem yang dibikin sama kakanya... dengan kata lain, downline di bawah dia..... ya... kalian2 semua yg ikutan DBS yang (konon) jumlahnya dah nembus 3jt HU (bukan orang ya, tapi HU)...


cerita dan penjelasan gontor bikin gw tercengang... lebih2 kalo inget randu dulu kek gimana. ada beberapa pertanyaan yang terlintas pertama kali :

member ini dapet bonus darimana? dari duit pendaftaran member laen??? dari duit beli HU sebesar 150rb?? ato darimana??? kalo asalnya dari 2 itu, ya jelas money game dong!!!

ini mah bisnisnya bukan jualan pulsa, tapi jualan HU. kalo bisnis pulsanya gak dijalanin, member pasti tetep bakal dapet bonus terus.

dan masih banyak kejanggalan yang laen.....


pada saat itu, gontor menjawab semua kejanggalan itu hanya dengan 4 kata :
AA GYM IKUTAN LHO.....

nah lho!!!!

jawaban ini seakan2 menjawab semua kejanggalan dan kegundahan dalam hati. seolah2 bisnis ini bukan money game, seolah2 bisnis ini halal, dsb. tapi sebenernya jawaban inilah yang membodohi calon yang diprospek.... Aa gym ikut bukanlah jawaban. itu hanya 'tameng' supaya orang enggan untuk berpikir lebih kritis dan mendalam tentang DBS. kalopun nanti gw ikut DBS, itu atas hasil pemikiran yang mendalam bukan karena "Aa Gym ikutan juga". dan jawaban yang membodohi itulah yang membuat gw berpikir lebih keras dan mencari lebih dalam dan dalam lagi tentang bisnis ini....




(bersambung ya.... ke DBS :Halal atau Haram??)

3 comments:

Ojat said...

gw juga pernah diajak ikut DBS ama temen. tapi gw blom yakin, soalnya klo dari cerita2nya dia, gw kok ga ngeliat sisi bisnisnya dimana. rasa2nya, bonus didapat kalo kita ngerekrut member. :P

btw, si tanteh lagi kemanah om? :P

tante angga said...

@Ojat
iya mang ojat, sama aja kita punya toko yang gak ada barang jualannya, tapi dapet bonus terus. bonusnya bukan dari dagangan (lha wong tokonya kosong), tapi dari orang yang qt rekrut untuk buka toko kosong lagi dengan nama yang sama. dan begitu seterusnya....
kan aneh.... hehehe

si tanteh lagi tergila2 ama pesbuk mang.. jadinya rumah lamanya ditinggalin dulu....

Anonymous said...

awalnya sy jg ga mau ikutan DBS, tp karena sodara nawarin terus, ya udah ikut aja deh daripada dia ngomong terus. Kirain bisnis pulsa apa, ternyata seperti yg udah dijelasin td, kok sy ngerasa rugi ya ikutan DBS. Tp ya udahlah anggap aja nyumbang buat orang yg kini hidupnya semakin makmur