Blognya Gumi!

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Wednesday, July 11, 2018

Ayla masuk SD!

Tahun 2018 ini Ayla akan masuk SD dan Ammar masuk TK. Gak nyangka cepet banget karena perasaan baru kemarin ngelahirinnya :D

Gumi bertanya ke khalayak ramai, ibu-ibu sejagad dunia maya apa aja sih persiapan masuk SD itu? karena emang Gumi belum melakukan persiapan apa-apa. Alhamdulillah banyak yang kasih masukan dan dapat Gumi simpulkan menjadi 2 persiapan.

Yang pertama adalah persiapan peralatan sekolah. Karena buku pelajaran dan seragam sudah disediakan sekolah, maka tinggal sepatu dan ATK saja yang dibeli. Berdasarkan hasil komentar ibu-ibu yang paling kuingat adalah: beli pensil dan penghapus yang banyak :D karena dua benda itu bisa hilang berulang kali hehe... Di Depok ada toko buku Sederhana yang menjual peralatan sekolah dengan harga yang murah, Alhamdulillah.

Ini foto Ayla sedang mencoba seragam SD-nya.


Yang kedua adalah persiapan yang paling penting: fisik juga psikis. Karena Ayla bersekolah di SDIT dimana bulan November tahun 2017 sudah dibuka pendaftarannya dan bulan Februari 2018 test masuknya maka dari bulan November itu mulai diceritakan apa saja yang akan ia alami ketika mulai jadi anak SD. Tentunya cerita yang menyenangkan dulu dong, misalnya temannya jauh lebih banyak dari temen di TK. Ayla juga harus bangun pagi dan pukul setengah tujuh sudah ada di Sekolah karena nanti Gumi yang mengantar sembari berangkat kerja.

Selanjutnya Gumi dapat saran dari kak Gita Lovusa untuk diceritakan bagaimana belajar di SD itu,  berapa temannya dalam sekelas, kalau ada yang mengganggu Ayla apa yang harus dilakukan, Bagaimana cara berteman yang baik, Gumi juga mengajarkan cara menjaga diri dan diberi contoh kasus pelecehan seksual (amit-amit!) misalnya jangan ke kamar mandi sendirian (minta ditemani teman perempuannya) dll. Ayla juga harus hafal identitas diri dan orangtuanya, alamat dan nomor handphonenya. Ayla juga gak boleh pulang sekolah dengan orang asing. Aduh nampak lebay yaaaa... yah namanya juga tindakan preventif emak-emak :D

Soal uang jajan mungkin Gumi akan memberikan uang harian. Ayla mulai belajar cara mengatur keuangan sejak dini, jangan sampai keteteran kayak Gumi nantinya:D. Karena Ayla membawa bekal, 5 ribu perhari cukup lah ya... dengan catatan uangnya harus ada yang ditabung dan dishodaqohkan :) 

Sekian dulu ya cerita tentang Ayla masuk SD. Terima kasih sudah membacanya...


















No comments: