BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Tuesday, February 10, 2009

curhat dulu yah...

Dear blogger,
gw mau curhat... boleh kan. Bagi yang gak mau berpanjang-panjang membaca, silahkan blogwalking lagi sekarang juga!! (hayo mang ojat, ente fastreader kan?, heheh)

memasuki 2009 ini, gw udah punya plan dan target, dan gw menggebu-gebu sekali. SEMANGAT lah. Eh disaat itu, malah, stamina gw gak OK banget dan mesti 2 minggu bedrest. Padahal yah, makan dan tidur gw jagonya, heheh. Lha gw kena tipes dari mana? gw udah bikin daftar tersangka: Mie ayam sama baso. Jadi sementara ini gw 'pisah' dulu sama mereka, hehehe...
sekarang sih udah sembuh.
Tapi, berita gawatnya lagi: Lambung gw udah gak nyoulmate lagi sama softdrink dan kopi. Langsung maag. Obat-obat maag yang dosis rendah dah gak mempan lagi. Jadi, Tahun 2009 ini gw putusin SELAMAT TINGGAL SOFTDRINKS DAN PERKOPIAN. Titik. Gak ada tawar menawar lagi.

Lalu,
Si Pria-Baik-Hati, mulai 5 januari 2009 kemaren dah mulai kerja di jakarta sana. Jadi, gw longdistens' gitu. Haaaaaaa... gak suka. Tapi, berita baiknya, karena motor-nya ditinggal di Bandung, gw bisa naik motor sekarang! heheheh. Ya walopun betis lecet, spion kiri pecah dan jari tangan kiri memar, gak apa-apa. Gw tetep semangat. Hehe. Target utama: Bikin SIM.

Kemudian,
gw minta maaf ke GPU alias Gramedia Pustaka Utama, bukunya belom di-review ajah. Maaffff mami ike, Angga dah baca semua-nya (selagi bedrest), tapi ya gitu penyakit reviewer "selesai baca, mogok nge-review", apalagi gw makin panas ajah ngeliat mbak eviwidi, yang kayaknya baca bukunye makin banyak ajah tuh.... Huhhh! Tunggu ajah pembalasanku, hahahahha. Target bulan februari: Review: Maxride 3, bedtimestories,inkheart,breakingdawn dan seri perencanaaan keuangan keluarga-nya Safir Senduk. Semangat!!!

Ohyah,
tanpa sengajaaaaaa.... gw pas dengerin I Radio, Orang ini lagi diwawancarain:


yah ampunnn!! Gw ngefans banget sama doi... pokoknya TOP ABIS lagh... Namanya Ligwina Hananto... seorang perencana keuangan. Bagi blogger yang tinggal di jakarta, kayanya dah familiar banget yah. Mbak wina kan suka siaran di HardRock dan tampil di O Channel.
Kata-kata-nya dia yang: APA TUJUAN LO? atau TUJUAN LO APA? itu bener-bener nendang banget deh di hati gw.
Gw pernah bilang pgn bebas finansial umur 40, tapi kok gw belom mulai action ke sana? Oh yah gw sempet ngirim sms ke I Radio:

Mbak wina, boleh gak kita ngutang buat resepsi pernikahan?

karena gw sama PBH pengennya kan make duit sendiri, gak ngerepotin orangtua.
Jawabannya: GAK BOLEH ato sebaiknya jangan! Buat apah demi satu hari, kita cicil setelah pernikahan, kita cicil selama 2 tahun-misalnya???
mbak wina pernah punya klien yang ketemu pas lagi hamil, dan dia udah 2 tahun pernikahan dan masih nyicil hutang resepsi! Dan mereka masih ngontrak rumah.
Uh miris.

Ajaibnya, gw bisa langsung on-air pas nelpon I Radio.
Gw nanya: Oke, resepsi seadanya, tapi boleh gak kita nyicil buat beli rumah?
Kata mbak wina:
BELI RUMAH ITU SEPERTI NAIK HAJI, alias BILA MAMPU

Mending kita ngontrak dulu 2 ato 3 tahun sambil ngumpulin DP. Baru kalo udah punya DP, ngajuin kredit ke bank.
Kata mbak wina lagi: kita harus tau sensasi The Power of Waiting. Jangan buru-buru ngutang. Mending beli apa-apa kontan.

Satu pelajaran lagi, gw gak akan make/buat Kartu Kredit. NEVER!!!. Kesalahan menggunakan kartu kredit oleh bokap gw, membuat keluarga gw berantakan. Maaf yah orang bank,,,, kalo gw judes selama ini... hahahah.




Di bukunya Safir Senduk, gw juga belajar cara mengelola keuangan keluarga. Gaji gw berapa, gaji suami berapa. Pengeluarannya berapa, mesti bikin perencanaan dana pendidikan anak, persiapan pensiun juga.
Gw dah bikin:
Dana darurat yaitu 12 kali pengeluaran bulanan
Dana pendidikan anak ampe S1,
(karena pendidikan mahal dan ini gara-gara LAJU INFLASI, gw jadi mikir lagi: Iya gitu gw mau punya banyak anak?, gw dah bilang sama PBH, anak kita 2 aja. Namanya: Mayor dan Maylaff, yah kalo punya anak lagi, namanya Mullen (werg), hehehe.
Dana Pensiun: Gw mau pensiun umur 45 aja deh, dan butuh dana pensiun untuk 25 tahun.
Dana Beli Rumah
Dana Naik Haji
dan Investasi berupa reksa dana.

PBH bilang:
"yah ampun sayang, gak akan se-ribet itu.... tiap tahun kan gaji kita juga naek"
yah dia nggak ngerti inflasi sih.
Tetep ajah mesti direncanakan!
Sebab kita gak akan tau, di masa depan, kita sehat terus apa nggak, kita kena PHK apa nggak, dan sebagai-sebagainya.
Ya gak?

Hehehe, ngayal teroooous.

Terakhir niye,
Gw masih bingung, kerja di PINDAD sampe kapan. Maret ato April? Ini dikarenakan gw belom dapet kejelasan masuk sebagai PNS mulai kapan. Kontrak gw di PINDAD ampe Juni 2010, dan artinya kalo gw keluar per 30 Mei 2009 ada 14 bulan lagi. Lumayan-lah kena penalti-nya. Yah gw juga gak nyangka atuh, bakal nembus PNS, ya secara : gw gitu lohh..ah tau ah.

Januari-Februari ini, hati gw gak tenang.
Gw mesti lebih mendekat dengan Allah.
Jadikanlah Sholat dan Sabar sebagai penolongmu.
Doain gw yah blogger.

17 comments:

adit-nya niez said...

Yuhuuu... Saya setuju tuh kata si mbak2 radio itu. Huhu... Jangan dikit2 ngutang. Dan saya jg setuju kyk mbak angga, saya juga anti kartu kredit! Nyaahaha...

Linda Belle said...

Akhirnya posting jg si eneng hehe..
sama dong, aku jg pernah kena tipus, jd per-sambal-an agak dikurang2i, kopi dah gk bs msk ke perut, softdrink msh bs dikit2.

Oiya mengenai biaya merit, gak usah nanya mbak wina jg aku tau jwbnnya haha.., jgn pernah ngutang ya!lebih baik nikah yg sederhana and msh ada uang buat nabung utk DP rmh.itu lebih baik drpd stlh merit jd stress mikirin utang.

JelajahiDuniaEly said...

Amin ...

mo merit ngutang ? jangan deh ... masak mau membina rumah tangga diawali dgn ngutang dulu ? capek belakangnya ^_^

Ojat said...

gyaahhaha telat dah gw ngasi komengnya....intinya sih, semangat aja lah..sebisa mungkin sih jangan ngutang...yang ga enak dr ngutang kan bayarnya hahahah...

yg pasti kuatkan niat buat nikah..insyaAlloh rejeki mah ada aja. :) resepsi ga mesti mewah, tp sebaiknya ada walaopun sederhana (untuk syiar supaya ga ada fitnah) :)

enggink said...

saya mbacanya jadi mumet malah,
tapi ntar klo nikah saya jg gmau utang, klo perlu cuma panggil penghulu, tapi pasti dibilang pelit sama mertua,
hidup kontan!!!!!

tante angga said...

hahahahaha... lucu amattt semuanya. Besok deh dikomentarin satu persatu.
Mbak elly, i miss you...

www.katobengke.com said...

wah sama kasus kamu ma teman aq di rumah sakit sekarang kalau kagak percaya hubungi aq ntar aq antar ke RS wahidin makassar sekarang so gara2 dia selalu mengkonsumsi minuman yang kayak kamu and ginjalnya bocor.....

easy said...

softdrink ?? aku juga udah tobat !
kartu kredit ?? dari sejak dulu aku ga pernah punya !
nikah ngutang ?? o'ow.. aku baru sadar kalo aku jomblo :D

suryaden 2833 said...

belom merit to... longdisten lagi... tapi baguslah kumpulkanalah intan sebanyak-banyaknya selagi masih bisa, karena besok tua yang mikir juga kita sendiri... betul juga kata ligmina itu.. jangan utang, jangan kertu kredit, saya setuju banget...

Wijoyo Batara Frans Simanjuntak said...

makjang...dah ada "Pria-Baik-Hati" toh? padahal baru aja mau daptar...hehehe

met lamet la ya...PNS di dinas mana kak?

Juminten said...

wah hebat, mbak.
udh ngerencanain sampe sejauh itu.
aku malah blm kepikiran sama skali.
mungkin krn blm punya penghasilan sendiri kali, ye?
hehehe.. :P

Ksatrio Wojo Ireng said...

Memang perencanaan matang harus dimulai dini.. diet itu ibaratnya makanan berlemak dan kolesterol - enak memang, maka diet ngutang harus disegerakan bagi mereka yang ingin pensiun muda.

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Monrovia.

tante angga said...

ya Allah... seneng banget bnyk yang mampir,

@adidd
bener dit gw juga kykny perlu diimunisasi, biar kebal ma hutang.
sipp... anti kartu kredit, yes kartu debit

@mbak linda
mari kita canangkan gaya hidup sehat lah di 2009 ini ya mbak,,,

@mbak ely
miss you
miss you
miss you
doakan aku biar bisa ke jerman, menemui mantan pacarku: Oliver Bierhoff

@betul jatt...
tumben elu betul, heheheh

@enggink,
lu sama kayak cowok gw,
pertama denger langsung bilang MUMET
tapi besokkannya dia telpon gw,
dia bilang mau nabung beberapa juta per bulan sehingga di akhir tahun kekumpul sekian juta.
ternyata diskusi ini berpengaruh juga nggink,
liat aja, elo besok juga akan berpikiran tentang masa depan.

@katobengke
gw percaya kok mas...

@mbak easy...
uhuyyy! pengumuman nih jomblo...? ati-ati mbak, ntar mulai banyak yg deketin, heheheh

@mas surya...
iya bener...kan? mari-mari mas, kita tentukan tujuan keuangan kita biar di masa depan kita sejahtera...

@joyo
ah joyo...
elo dah sering kemari, masa gak apal, gw udah pacaran 4 tahun? huhuhu

@mbak jumi,
gak papa terlambat, daripada tidak sama sekali,
23 tahun kebelakang ini juga aku gak pernah mikirin, malah berpikiran 'gimana nanti', sekarang mah 'nanti gimana'

@mas luigiiiiiiiiii
seneng ih, masih main kemari, heheheh...
iya mas! hidup jangan mengutang!
(sambil liat peta, monrovia tuh dmana? hehehe bodo)

Daniel said...

Mo married ngutang??? amit2 deh.
Salam kenal ya...

tante angga said...

oyyy sewot amat nih,,,
ini kan cuma usaha.
ya nggak ngutang juga, kan dah nabung...

eviwidi said...

Haloo Angga..gimana kabar Jeng?
Thanks ya sharingnya soal keuangan, kadang aku juga bingung bikin perencanaan keuangan, untung selama ini aku beli laptop,kamera digital,handphone...whatever semua kontan,gak ada kata kredit-kreditan...

Dan gue gak tertarik sama yang namanya KARTU KREDIT apalagi untuk kredit barang...

Memang sepertinya gak gaya, gak ikut lifestyle tapi aku lebih tenang dengan hal itu...

Tinggal aku bikin anggaran buat ntar nikahan...hahhha...tapi gak bakalan deh utang kanan-kiri..ngeri..yang penting sederhana tapi sah..hihii..

Lagi baca buku apa sekarang? tumpukan dosaku masih menggunung belum tak resensi...:)

eviwidi said...

Eh,kalo kamu punya anak mao dikasih nama Mullen(weg)...?!

Kyaa...itu kan nama yang mo tak pakai...itu nama Founder-nya Wordpress, orangnya kabarnya jenius, baik hati, kaya raya, ganteng...dan masih muda lagi...sekarang dia masih umur 25 loh!

Gelo ya?