BLOGNYANGGA -Blognya Tante Angga-

NgeBloglah sebelum Ngeblog dilarang...

Tuesday, October 28, 2008

Pidi Baiq is my husband

hehehehe...
itu judul kaos baru yang akan diterbitkan bang pidi...


limited edition, cuma 12 biji ajah. Yang berminat hubungi Egi di 085222519060, yang gak berminat hubungi Erwin di 08122261154.

btw,
gw dah ketemu pidibaiq,
gw kasih fotonya dulu yah.


soalnya gw lagi meramu hasil wawancaranya.

Satu hal: pidi baiq emang bener-bener gila.

Thursday, October 23, 2008

----bed rest----

gw kena flu -flu yang beraaat sekale--
sampai-sampai kalo ada yang deket ama gw, bisa terbang, tersapu bersin.

cuaca di bandung aneh-- aneh sekalee---
kemaren panass-nya kayak di gurun ghobi (hayyah) hari ini hujan, tak terbendung

bed rest.
ditemani oleh Bartimaeus...

owyahh,
gw dah koling-kolingan ma Pidibaiq.
rencananya, gwe mau wawancara doi...

weeeewwwwww,,,,
drunken monster dan drunken molen,,,,
sebuah catatan harian yang sedang bersemi di hatiku.... (hehehehe)

doain tante sembuh ya!!!
(sudah banyak dosa ni,,, jarang blogwalking)
kalo gw sembuh,,, yang dah mampir-mapir kesini,,, akan kukumjungi.
JANGJI.

Tuesday, October 14, 2008

MAXIMUM RIDE --- The Angel Experiment


Cover edisi Indonesia...

(terbitan GPU, April 2008, 536 halaman dan harhanya Rp. 66 ribu)

Yihaaaa. Akhirnya selesai juga baca novel ini. Asli!!! Novel ini keren banget. Kali ini, setuju kan, bang Adnan?

AKHIRNYA DATANG JUGA!!!
novel persahabatan juga novel pertualangan yang te-o-pe be-ge-te.
Sudah cukup bosen gw, dengan novel cinta-cintaan, hehehe.
gw dah kangennnn banget sama novel model STOP alias Sporty-Thomas-Oscar-Petra... akhirnya, nemu juga.... terimakasih ya gramed-ku. Akhirnya datang juga.

WEWWW...
diumur 14 tahun, kamu semua, keadaannya bagaimana?
baik-baik aja? sibuk ngeceng? sibuk belajar buat masuk SMA bagus?
apakah kamu hidup dalam ketakutan di usia 14 tahun? ketakutan akan asal-usul kamu yang gak jelas. dan ketakutan akan masa depan, yang gak jelas juga? Bagaimanakah kalau kamu tau, kalo kamu ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia? Yang jelas, pasti kamu (dan juga gw) hidupnya jauhhh berbeda (dan lebih menyenangkan) daripada hidup Maximum Ride.

Padahal, apa bedanya sih, gw dengan Max di umur 14?
cantik, sama.
Rambut, sama.
Berani iya.
Pencinta anak kecil, iya.
Bedanya? gw bisa hidup dengan bebas, sementara. Maximum menjalani 10 tahun-nya, hidup dalam kandang, dan dia bersayap.

--------------------------------------------tertarik? lanjut.

Membuka novel Maximum Ride ini (btw, judul novel ini sama juga dengan nama tokoh utama-nya), kita sudah diperingati sejak awal bahwa:

JIKA KAU BERANI MEMBACA KISAH INI, KAU AKAN MENJADI BAGIAN DARI EKSPERIMEN....


Nampak seru dan menarik, kan? Emang salah satu kemahiran dari Opa James (Patterson) yang lahir di Newburgh-New York pada tanggal 22 Maret 1947 ini adalah: melibatkan para pembaca dalam novel karya ciptaannya.


-------foto Opa James---------

Bayangkanlah.
Ada 6 orang anak bersayap (3 perempuan dan 3 laki-laki) yang sudah selama 4 tahun ini, hidup dalam rumah pohon. Mereka 98% gen-nya adalah gen manusia dan 2%nya lagi adalah gen burung. Mereka diselamatkan oleh salah satu ilmuwan jas-putih yang bernama Jeb Batchelder. Jeb sendiri, telah menghilang selama 2 tahun ini dan mereka beranggapan, Jeb diculik oleh Pemusnah (The Erasers) dan sudah meninggal.

Cerita dimulai saat Max (14 thn, pemimpin) terlonjak bangun karena mimpi buruk, mimpi bertemu dengan pemusnah yang sedang mengejarnya. Memang, dalam kehidupan nyata, bertemu pemusnah yang merupakan human-lupine (wolf) ini adalah mimpi buruk. Dan mungkin, mimpi buruk tadi malam itu adalah pertanda buruk akan terjadi kejadian yang buruk di pagi harinya... (hehehe banyak kata buruk, hehehe).

Yup. Angel (si bungsu, 6 th) berhasil diculik oleh pemusnah. Dan betapa terkejutnya mereka, karena salah satu pemusnahnya adalah Ari Batchelder (anak Jeb), yang masih berusia 7 tahun!!!!

Mereka mati-matian mempertahankan diri, walaupun babak belur. Fang (4 bln lebih muda dari Max, si ganteng kalem) dikeroyok oleh pemusnah. Iggy (6 bln lebih muda dari Max, kedua matanya buta) bengkak-bengkak di matanya... Nudge (11 th, pemuja Fang) kepalanya terbentur pohon. Dan Gasman (Or Gazzy, kakak kandung Angel, 8 th) pingsan. Para pemusnah berjaya menculik Angel dan kabur dengan Humvee hitam.

Dan pertualangan pun dimulai.
Ini misi penyelamatan Angel, dan kemungkinan besar Angel dibawa ke School, alias Sekolah. Sekolah, adalah tempat dimana mereka harus terbang dari tempat pondokkan mereka (Pegunungan Sangre de Cristo) ke Death Valley, 13 km di utara Badwater Basin. Itu artinya mereka harus terbang sejauh 900 km dan harus terbang selama minimal 7 jam tanpa istirahat. weew...

Max, Nudge dan Fang pergi mengejar Angel sedangkan Iggy dan Gasman di pondok saja, sesuai instruksi Max. Siapa tahu kan, Angel berhasil kabur dan bisa pulang ke rumah?

Oh yah, karena ada 134 Bab di dalam novel ini,
saran: bacalah novel ini seperti menonton film, yang adegannya berganti-ganti. Jangan kaget atau bingung. Enjoy aja! (akhirnya gw mengerti, kenapa Maximum ride ini dilombakan... susaah euuy nge-resensinya)

Selagi yang lainnya mencari dirinya, Angel dan terbangun, menyadari dirinya sudah berada dalam kandang, di laboraturim Sekolah.

Dan tentu saja, Iggy dan Gasman tidak akan berdiam diri saja di rumah. cepat atau lambat... para pemusnah akan datang dan menyapa: "hai babi kecil...hai babi-babi kecil" dan membawa mereka ke Sekolah.
"Nomor satu: Buat bom- hanya untuk perlindungan diri. Nomor dua: ledakan pemusnah jahat saat mereka kembali ke sini"
"Oh yeah. Sekarang kita beraksi. Ini untukmu Angel!"

Max, memisahkan diri dari rombongan karena ia melihat ada seorang anak perempuan, di darat, yang harus diselamatkan. Alih-alih setelah menyelamatkan Ella Martinez, dirinya malah tertembak.

Nudge dan Fang yang menunggu Max di gua, malah mendapatkan pengalaman baru. Mereka mengamati cara Elang berkomunikasi. Elang-elang itu juga mendiami gua yang sama.

Dan, ternyata ... kebetulan sekali.... Ella mempunyai ibu seorang veterinarian alias dokter hewan. Rahasia Max (kalau dia manusia bersayap), terbongkar. Tetapi, Ella dan dr. Martinez merawat, membersihkan luka-lukanya dan menghentikan perdarahannya. Max merasakan kasih sayang sebuah keluarga. Dr Martinez ternyata menemukan sesuatu yang tidak diketahui oleh Max selama ini, selagi me-rontgen Max. Yaitu: Microchip yang tertanam di otot Max. Microchip ini bisa membuat keberadaan Max terlacak. pantas saja para pemusnah dengan mudah menemukan mereka.

Microchip ini tidak bisa dikeluarkan dengan operasi karena akan merusak otot, saraf, pembuluh darah yang sudah tumbuh dengan baik. Bisa-bisa Max malah lumpuh.

Angel, ternyata menemui fakta yang mengejutkan! Jeb Batchelder ternyata masih hidup! Namun Jeb yang sekarang sudah berbeda. jeb yang sekarang tidak bisa dibaca pikirannya oleh Angel.

Iggy dan Gasman berhasil membunuh beberapa pemusnah yang datang ke pondok mereka. menyadari mereka tidak aman lagi, mereka memutuskan ikut bergabung mencari Angel. dan Max, setelah 2 hari perawatan, terbang (dan meninggalkan Ella dan dr Martinez dengan sedih) ke tempat terakhir ia dengan Nudge-Fang berpisah.

Yeyeyee..... mereka berkumpul kembali!

....kemudian aku mengulurkan kepalan tangan kiriku, lalu keempat anak yang lain segera menumpukkan kepalan mereka di atasnya. Kami menepuk tangan satu sama lain dua kali, kemudian mengacungkan tangan.

"Demi Angel!" aku berteriak, dan suara mereka mengikuti.

"Demi Angel! Demi Angel!"

Kemudian, satu demi satu, kami melompat dari bibir, membuka sayap, lalu terbang menuju sekolah yang kami benci dan takuti.

Akhirnya setelah mereka berlima berkumpul, misi penyelamatan Angel pun dimulai kembali. Karena mereka butuh uang dan makan, mereka menghalalkan segala hal seperti mengambil uang dari ATM orang dan mencuri mobil...

seru banget pertualangan mereka.

Tapi,,, lagi-lagi Ari menemukan mereka. Mereka dikepung dan tertangkap. Mereka berkumpul menjadi 6 lagi, tapi tidak bahagia, karena mereka berada di laboraturiom sekolah, di kandang masing-masing.

Dan bersama-sama menyaksikan bahwa Jeb Batchelder masih hidup. Mereka menjadi beci dan bertanya-tanya, apa maksud Jeb selama ini.

Ketika mereka dikeluarkan menuju lapangan, untuk bertarung dengan para pemusnah, sekelompok elang menyelamatkan mereka, dengan datang dan menyerbu para pemusnah. Akhirnya mereka selamat kembali!!!
(Elang juga punya hati ya? Punya rasa persahabatan juga... ini karena kemampuan Fang, bisa bersosialisasi dengan Elang)

Angel kemudian membagi rahasia (dari hasil curi dengar pikiran ilmuwan jas putih) bahwa: asal usul mereka ada di Institut Kehidupan, New York.
Mereka pun sepakat mencari Institut itu.

Berhasilkah mereka?
Apakah para pemusnah kembali berhasil menangkap mereka?
Lalu, bagaimana nasib Max, yang akhir-akhir ini pendengaran-pendengaran serta penglihatan (macam halusinasi) aneh?
Katanya: Max, kau harus menyelamatkan dunia!

Waaa seru kan? yup benar kata Max, kita akan gak sabar menanti kelanjutannya.
Saat ini, di negeri-nya Opa James sudah terbit lima judul serial ini:
1. Maximum Ride: The Angel Experiment (11 April 2005)
2. Maximum Ride: School's Out Forever (23 May 2006)
3. Maximum Ride: Saving The World & Other Extreme Sports (3 May 2007)
4. Maximum Ride: The Final Warning (17 Maret 2008)
5. Maximum Ride: Water Wings (16 Mei 2009)

Bahkan,,,
Avi Arad, produser Spider Man, X Man dan film-film Marvel kabarnya bersedia memproduseri film ini, dengan Screenrights oleh Columbia Pictures dan skenarionya oleh Don Payne. Filmnya dirilis antara 2010-2012. Hore horee.... tapi lama amattt yah....

Edisi graphics novel-nya juga ada disana. Keren kan...

Owyah,,,
diantara mereka ber-6...
Fang-lah yang rajin menulis tentang perkembangan mereka. Bisa dilihat disini

COVER

gw lebih suka cover edisi Amerika:

cover edisi Amerika...

Kejanggalan (atau gw sendiri yang merasa janggal??)
Di halaman 346 dan 347
Nama toko mainannya itu, AFO Schmidt atau FAO Schmidt?
Di halaman 373,
kita membaca:
Saat menoleh cepat ke belakang, aku melihat si polwan mengambil boneka beruang Angel dam memandangi kami.
di hal 389, kita baca:
...Ia mengangkat bahu, lengannya bergerak untuk memeluk Celeste lebih erat kemudian terkulai lunglai di sisi tubuhnya....
Lho,,, kok si Celeste udah di tangan Angel lagi,
bukannya di halaman 417:
Angel berhasil mempengaruhi Ari yang sedang memegang Celeste.
pertanyaannya: Yang di halaman 389, Angel bukan meluk Celeste, kali.... hehehhe.


Pesen gw:
ayoooo
kita sama-sama terlibat dalam eksperimen ini!!!

Saturday, October 04, 2008

ECLIPSE --- sebuah resensi



Eclipse
Gerhana

Stephanie H. Meyer
Harga : Rp 70.000,- *
Ukuran : 13.5 x 20 cm
Tebal : 688 halaman
Terbit : September 2008
Soft Cover


Waaa... baru kali ini gw nginden novel, biasanya malah gak pernah. Bahkan untuk novel sekelas herpot aja, gw rela kok, masuk dalam daftar-antrian-peminjam-buku-rentalan. Hehehe.
Gw juga jadi binun dan terkagum-kagum sama diri sendiri (hayyah) mengapah jugah sampe bela-belain nginden. Oh pastinya novel ini sangat menarik sangat.
---sebelum gw ngerensi novelnya nih, ada baiknya kalo gw ngasih indro eh intro dulu.
Ceritanya, ada kuis di milis GPU, pertanyaannya adalah: Sebutkan bagian mana di twilight dan New Moon yang amat berkesan bagi kita.
Gw sebagai salah satu pemudi harapan bangsa Indonesia, gengsi juga dong kalo nggak ikutan... hehehe.
Gw jawab dan Alhamdulillah menang.
Hadiahnya adalah novel ECLIPSE!!!! yeyeyeye... jadinya gw punya dua eclipse. Heheh.. ngiri? hehehe. Gw sempet juga mikir, bagaimana kalo gw nego aja ama mbak hetih-gramed, kalo hadiahnya dituker sama Christian Sugiono aja hehehe.

------------sstt sabar dulu ya. Tante mo cerita lagi.
Pertanyaan besar adalah: Kenapa Twilight dan New Moon ini bikin gw kangen dan rindu ama novel-novel berikutnya? Yah jawabannya selaen gw sendiri dah punya Edward Cullen dalam kehidupan nyata... (hehehe banyak narsis), yaa karena gw suka banget sama karakter-karakter tokoh rekaan tante Steph.
Gw pernah ketemu tante steph, dan nanya:

" Tante... are characters you wrote about based on any real-life people? Did anyone in your life influence the personalities of the characters?"

Tante Steph menjawab:
"...ummm... angga.... Every now and then there will be a character that is combination of people i knew - some of the girls in Bella's High School definitely reflect people i knew at that stage in my life. But for the most part, they come out of nowhere. It's amazing, some of the characters are so completely rounded and as soon i think of them, i knew everything about them. And then there are others that i have to work for a little bit harder and sort of get down to their motivations. A few of them, rosalie for example - were difficult. It took me a while to figure out what her thing was. But angga,,,, Bella's character definitely is you... Angga, e-looo ... baaa...ngedd"

"Ohh... thankyou Tante steph... that is so sweet...." gw jadi terharu.
Tante Angga dan Tante Stephenie berpelukkan.
Heheheh. Blogger,
harus pinter bedain mana fakta mana dunia khayal yaa...

------------------------------------- yuk bang, lanjutt...

Seperti di Harry Potter, series ini mengisahkan setahun kehidupan sang Tokoh Utama, Isabella Swan.
Isabella alias bella disini, udah kelas XII dan itu artinya hampir lulus dan itu artinya mo kuliah. Dan itu artinya mbakbell dikit lagi jadi vampir.

Di Bab Pertama, kita bakalan ketemu Bella yang sedang menjalani hari-hari hukumannya, yaitu sejak si-pengkhianat (yang juga werewolf) -Jacob Black membocorkan rahasia: Bahwa Bella diam-diam selama ini telah mengendarai motor, pada Charlie. Jacob sengaja berbuat seperti itu agar Bella tidak leluasa bertemu dengan Edward (pacarnya yang vampire). Huhuhu... padahal yah... Edward kan selalu nempell.... kalo mo ketemu Edward Bella tinggal ngomong:
"Edward..."
dan langsung ada jawaban plus vampirnya yang jawab: "Ya.. aku disampingmu Bella..."
Dasar.

Charlie akhirnya memberikan 'kartu bebas penjara' pada Bella, tetapi dengan satu syarat:

"Gunakan kebebasan barumu untuk menemui teman-temanmu yang lain juga"

Charlie menilai Bella hanya berteman dengan Edward saja. Sebenernya kan, ente tau sendiri... kalo Charlie itu lebih senang Bella dengan Jacob, dibanding dengan Edward.
Charlie terus membujuk Bella, agar menghubungi Jacob.
Dan tentu saja edward gak rela:

"kau tahu kau tak boleh berada di sekitar werewolf tanpa perlindungan, Bella. Dan kami akan dianggap melanggar kesepakatan bila memasuki tanah mereka. Memangnya kau mau terjadi perang?"

Adeu deu deu.

Tanpa sengaja atau malah sengaja, Edward menemukan tiket pesawat ke Florida, hadiah ulang tahun Bella setahun yang lalu yang diberikan oleh Esmee. Edward meminta izin pada Charlie, agar Bella boleh mengunjungi Renee. Charlie memperbolehkan, asalkan Bella tidak pergi bersama Edward. Tapi,,, ya sama siapa lagi coba, Bella bakal pergi kalo gak sama Edward? lalu, semenjak kepulangan bella dari Florida, Jacob Black yang tadinya menghindar untuk bertemu Bella, malah berusaha mencari-cari Bella. Bella bingung dengan sikap 180 derajat itu. Ternyata, kepergian ke Florida itu merupakan salah satu strategi Edward untuk menjaga Bella karena seminggu sebelumnya Alice melihat kejadian masa depan: Victoria masih terus mencari Bella.Edward kekeuh menyembunyikan kejadian ini, namun Jacob malah ingin memberitahukannya. dan di akhir pekan, disaat Edward sedang berburu, Bella dengan spontan mengunjungi Jacob untuk mendengar cerita aslinya.

Edward yang gelisah sepanjang berburu akhirnya pulang dengan kesal... dan berusaha menyogok Alice dengan porsche, demi menjaga Bella selama dua hari! Weeww...

Selagi menginap di rumah The Cullen inilah... Rosalie yang dulunya judesss sekarang malah enggak. malahan Rosalie menceritakan awalikhwalnya memasuki dunia pervampiran ini,,, Rosalie dulu judes sama Bella, karena iri. Karena, semenjak dia jadi vampir, dia melihat Edward belum pernah naksir siapa-siapa... ehh kok di zaman sekarang, bisa naksir Bella. emangnya Bella punya apaaa gitu, lho. makanya mbak Ros ini ngiri ama Mbak Bella.

Esoknya, di hari ke-2, Jacob Black berhasil menculik bella di sekolah. Kegiatan spontan ini, tidak dapat diramalkan oleh ALice. Mana mungkin Alice bertindak menahan Bella didepan umum? Alice hanya membeku, matanya berilat-kilat marah dan menyeringai... Hahaha.. hilang deh Porsche-nya...

Ternyata Jacob Black melukai perasaan Bella (baca sendiri boss...) dan dia pulang lagi ke Edward untuk mengadu sekaligus minta maaf karena pergi gak bilang-bilang. Ternyata Edward malah gak marah. Dan malam itu dia menyanyikan lagu nina bobo, sehingga Bella menjadi lega dan tertidur nyenyak.

Setelah kejadian itu, malah Edward dan Jacob berkompromi untuk saling menjaga Bella mengingat Victoria dan army-nya masih mencari-cari Bella. Jacob mengundang Bella untuk datang ke La Push sementara Edward hiking lagi. Dan ternyata, di malam harinya, Billy Black menceritakan tentang legenda asal mula suku mereka. Cerita tentang pejuang roh dan tentang manusia serigala berikut musuh mereka, vampir. Gileee... legenda kuno ini diceritakan dengan baik oleh tante Steph.

Oh yahh, selaen Rosalie, Jesper juga menceritakan asal mulanya dia jadi vampir, buat perbandingan dan bekel Bella buat jadi vampir, heheh.

Lalu, cerita yang seru jugaa... itu pas saat Jacob Black berusaha nyium Bella. DENGAN PAKSAAN. Bella marah dan meninju Jacob. Hal itu malah membuat tangannya patah. Gw demen banget pas Edward bilang:

"Dan, kalau kau berani menciumnya lagi, aku akan mematahkan rahangmu untuknya," janji Edward, suaranya masih lembut dan halus, namun mematikan.


Tibanya saat pesta kelulusan. Dan bukan Alice namanya, kalo gak bikin pesta buat bella. Semua teman Bella diundang. Jacob Black pun datang, meskipun tidak diterima dengan baik (karena kejadian cium paksa itu). Tetapi diakhir pesta malah membuat vampi dan Werewolf bersatu untuk menangkap victoria dan vampir-vampir baru ciptaannya.

Disaat-saat tegang ini, Bella malah melakukan hal konyol. Gw kutip ini dari wikipedia:

A few days later Bella tries to get Edward to make love to her before turning her into a vampire. Edward initially refuses, explaining to Bella that he could very easy to kill her. Eventually upon realizing how much it means to Bella, he says that he is willing to try in the future as long as they are married first. Despite having an aversion to marriage, Bella realizes that spending eternity with Edward is more to important to her that anything else and aceepts his proposal.

lalu....
bagaimanakah pertarungan melawan victoria and the army terjadi...
Berhasilkah Bella menjadi vampir...
Siapakah yang Bella pilih, Edward atau Jacob, pada akhirnya...
jawabannya: temukan sendiri.
Heheheh.

-----------------------------------------penutup.
sejujurnya, gw lebih suka dengan twilight, dan new moon deh.
Sebenernya,,, eclipse ini kurang tegang, kurang digali, dan ... ahhh kurang ngegigit aja.
Emang, gak boleh yaa kita bandingin dengan HerPot..
tapi Herpot itu yah, di tiap serialnya, selalu kita temukan hal-hal baru dan perluasan karakter serta jalan ceritanya, sehingga antara Herpot satu sampe tujuh tuh ada kaitannya, nyambung.
Kata twilighters yang udah baca breaking dawn, malahan di breaking dawn ini, ceritanya malah jadi gak puguh.... uuhh jadi gak semangat.


sekian laporan saya dari tempat peristiwa.....
berikutnya: Maximum Ride!! heheheh.